Saturday, July 6, 2013

Serba Serbi Dan Manfaat Tanaman Zodia

Serba Serbi Dan Manfaat Tanaman Zodia - Tanaman Zodia adalah tanaman yang berasal dari Papua dan merupakan tanaman yag paling efektif untuk mengusir nyamuk. Tanaman yang masuk dalam famili Rutaceae mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. namun setelah melalu proses penyulingan tanaman zodia mengandung beberapa senyawa seperti linalool dan apinene. kandungan linaool inilahyang berfungsi sebagi pengusir nyamuk.

 


Tanaman zodia termasuk tanaman yang menyukai matahari, karena itu tanaman ini harus dikeluarkan dari ruangan setiap hari. Penyiraman tidak usah terlalu sering cukup 2 kali seminggu.

Jika dibiarkan tumbuh bebas dilapangan tinggi tanaman zodia bisa mencapai 2 meter. Tanaman zodia memiliki daun yang berwarna hijau kekuningan, pipih panjang tetapi lentur.

Untuk mengembakbiakan zodia cukup mudah, bisa melalui stek ranting maupun biji. Biasanya biji zodia akan jatuh dan tumbuh disekitar tanaman induk.

Hal penting yang harus diperhatikan pada tanaman zodia adalah saat masa pertumbuhan. Jangan biarkan tanaman ini terkena matahari secara langsung karena bisa mati, tetapi jika kurang sinar matahari pertumbuhannya menjadi tidak sehat.

Selain bermanfaat untuk mengusir nyamuk, tanaman zodia juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala, disentri dan pembunuh sel kanker (masih dalam proses penelitian), dan bunga tanaman zodi bermanfaat sebagai obat gosok untuk mengobati masuk angin.

No comments:

Post a Comment