Monday, June 3, 2013

Mengenal Lebih Dekat Cabomba Hijau (Green Cabomba)

Mengenal Lebih Dekat Cabomba Hijau (Green Cabomba) - Pernah dengar nama tanaman ini? jika belum mari kita ulas secara lengkap Cabomba Hijau (Green Cabomba). Cabomba Hijau (Green Cabomba) nama latinnya Cabomba carolininia, yang merupakan tanaman air asli Amerika Utara. Tanaman ini memiliki nama umum Cabomba Hijau/ Green Cabomba/ Cabomba carolininia atau fanwort yang merupakan tanaman akuarium.



Karateristik Pertumbuhan
Cabomba carolininia memiliki daun berwarna hijau berbentuk kipas dan memiliki helai daun yang halus, serta
pertumbuhannya lurus (tubular). Cabang batang dapat tumbuh sepanjang 10 meter, bisa tumbuh 5 cm per hari dalam kondisi cahaya tinggi. Daun dapat menyebar sekitar 2 inci (5 cm). Dalam kondisi cahaya yang tinggi, Cabomba carolininia akan memiliki ruas pendek dari cabang daun.

Cabomba carolininia yang dapat tumbuh dengan baik di air, tetapi sangat tergantung pada intensitas cahaya yang baik. Batang akan mengembangkan akar bawah substrat, namun batang akan sangat rapuh jika tanaman ini merasa terganggu. Jika dibiarkan mencapai permukaan, batang muncul akan tumbuh keluar daun berbentuk berlian, dan bunga putih dan kuning kecil. Untuk memperbanyak Cabomba carolininia dengan cara stek batang.

 
Cabomba furcata
  Aplikasi Aquascaping
Cabomba carolininia biasanya ditanam secara berkelompok antara 3-7 batang. Ketika ditempatkan di midground atau latar belakang, batang akan berfungsi sebagai bagian menarik dalam aquascape.

Pemangkasan tanaman pada ruas yang lebih rendah akan memaksa tanaman untuk mengirimkan tunas samping yang dapat membuat tanaman tampak bushier. 

Di Australia Cabomba adalah dianggap sebagai gulma berbahaya dimana ilegal untuk menyimpan atau menjual tanaman dan semua cabomba harus dihancurkan.

No comments:

Post a Comment